Menemukan Tulisan Lama yang Hilang dengan Wayback Machine

Pernah menulis konten di blog / website yang sudah berisi banyak tulisan?

Namun karena tidak bisa perpanjang hosting atau karena ada script yang error sehingga blog sudah tidak bisa diakses kembali dan mengharuskan instal ulang blog.

Biasanya juga dikarenakan tidak ada backup.

Saya sendiri pernah mengalami hal tersebut. Seperti pada tulisan blog ini, blog ini (update: link sudah tidak tersedia karena lupa perpanjang domain) dibuat pada sekitar tahun 2008 dimana saat itu masih ramai dunia perblogingan.

Nah disini ada tools online yang bisa kita gunakan untuk mengambil konten kita kembali yang berupa tulisan / links, untuk gambarnya biasanya hilang jika kita hosting di hosting yang kita pakai sebelumnya.

Arsip Blog dari Tahun 2008


Ide “nakalnya” kita bisa dapatkan konten – konten lama yang sudah pernah ditulis orang lain dan saat ini webnya sudah tidak aktif.

Bisa kita kopas tuh konten untuk kita publish ulang di web / blog kita. Selama konten yang kita ambil dan kita bagikan berisikan informasi yang berguna saya rasa tidak ada salahnya.

Bagusnya lagi sih ditulis ulang dari segi SEO dengan ide yang kita dapatkan dari konten yang kita ambil tadi, biar dapat fresh content yang disukai mesin pencari seperti Google.

Ada ide lain untuk memanfaatkan tools diatas? Tulis di komentar ya.


Postingan Terkait

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *